11 Cara Ampuh Perawatan Wajah Diberbagai Jenis Kulit dengan Masker Madu

ideparokie.com - Madu memang dari dulu dikenal dengan berbagai mcam manfaat dan khasiat, madu dengan sejuta manfaat ini dapat digunakan untuk kecantikan, bayak sekali produk kecantikan sebenarnya memanfaatkan madu sebagai bahan utama, tergantung dari bahan apa yang dicampurkannya. 11 Cara Ampuh Perawatan Wajah Diberbagai Jenis Kulit dengan Masker Madu memang tidak secepat dengan produk yang berbahan kimia yang ketika kita pakai langsung kelihatan manfaatnya, namun menggunakan madu secara alami tidak beresiko dan tidak menimbulkan efek samping dan hasilnyapun kalau sudah kelihatan akan membuat wajah bersih, cerah, dan bersinar secara alami. 
11 Cara Ampuh Perawatan Wajah Diberbagai Jenis Kulit dengan Masker Madu
11 Cara Ampuh Perawatan Wajah Diberbagai Jenis Kulit dengan Masker Madu 

Cara Ampuh Perawatan Wajah Diberbagai Jenis Kulit dengan Masker Madu 

Dan untuk mengetahui 11 Cara Ampuh Perawatan Wajah Diberbagai Jenis Kulit dengan Masker Madu silahkan saja simak penjelasan berikut ini :

Masker Madu Murni

Kita gunakan madu murni tanpa campuran apapun sebagai masker wajah. Masker ini cocok untuk semua jenis kulit, jadi tidak perlu khawatir. Untuk persiapan awal, sebaiknya Anda cuci muka dengan menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka dan nutrisi dalam madu terserap sempurna.

Untuk pengaplikasiannya, ratakan madu ke seluruh wajah anda, tipis saja. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Jangan lupa gunakan pelembab wajah untuk hasil lebih maksimal.

Masker Madu untuk Jerawat

Khusus untuk menghilangkan jerawat, kita akan mengkombinasikan madu dengan lidah buaya. Selain bermanfaat untuk rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat.

Caranya, campurkan satu sendok makan madu dengan dua sendok makan gel (getah daun lidah buaya berupa lendir) lidah buaya. Aplikasikan ramuan tersebut ke seluruh wajah secara merata dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Selain ramuan tersebut, Anda juga bisa menggunakan campuran antara madu, yogurt dan tea tree oil untuk mengatasi wajah berjerawat. Sementara untuk kulit sensitif, gunakan campuran madu murni dengan air mawar.

Masker Madu dan Putih Telur

Kombinasi antara madu dan putih telur sebagai masker wajah, dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Makanya masker yang satu ini sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit kering.

Bahan yang diperlukan adalah 1 butir telur, ambil bagian putihnya saja dan 1 sendok makan madu. Campurkan kedua bahan tersebut secara merata. Oleskan pada wajah dan biarkan selama beberapa menit sampai mengering dengan sendirinya. Terakhir, bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

Masker Madu dan Lemon

Perpaduan madu dan lemon sangat berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah. Kandungan ph alami dalam lemon membuatnya mampu mencerahkan warna kulit tanpa membuatnya kering. Warna kulit lebih merata dan menyamarkan noda hitam sehingga kulit tampak lebih putih.

Bahan yang diperlukan adalah 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan perasan air jeruk lemon. Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk adonan. Aplikasikan pada wajah, hindari bagian bibir dan mata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu dan jangan terlalu sering.

Masker Madu dan Kayu Manis

Mungkin perpaduan antara madu dan kayu manis terdengar agak aneh. Namun ramuan ini sangat berkhasiat untuk mengobati jerawat. Anda juga bisa menambahkan bubuk kunyit dan tepung beras untuk hasil lebih maksimal.

Caranya, campurkan 1 sendok makan madu, 3 sendok kecil tepung beras, 2 sendok kecil bubuk kayu manis dan 1 sendok kecil bubuk kunyit, aduk hingga rata. Oleskan ramuan tersebut ke seluruh wajah dan leher, tapi jangan pada bagian mata dan mulut. Biarkan selama 15 menit atau sampai masker terasa mengering. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih dan keringkan dengan handuk. Jangan lupa gunakan pelembab wajah setelahnya.

Masker Madu dan Garam

Satu lagi masker yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat, adalah dengan madu dan garam. Masker ini hanya cocok untuk pemilik jenis kulit berminyak dan berjerawat. Bagi yang mempunyai kulit kering jangan menggunakan masker ini karena hanya aakn membuat kulit bertambah kering.

Langsung saja, langkah pertama, cairkan 1 sendok teh garam dengan menggunakan 3 sendok makan air hangat. Setelah benar-benar larut, campurkan 3 sendok teh madu. Kemudian, oleskan campuran dua bahan tadi pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan handuk yang dicelup (dibasahi) dengan air hangat. Cuci muka dengan sabun untuk menghilangkan sisa masker. Jangan gunakan pada daerah yang luka dan lakukan perawatan ini maksimal 2 kali seminggu, jangan terlalu sering.

Masker Madu dan Beras

Kombinasi antara madu dan beras ditambah minyak zaitun merupakan perpaduan yang pas untuk memutihkan kulit wajah. Yang harus dipersiapkan adalah rendam beras pada sore hari sehingga pagi harinya sudah agak lunak. Tumbuk beras tersebut hingga halus lalu dijemur hingga benar-benar kering. Kita sebut saja sebagai tepung beras.

Ambil 2 sendok makan tepung beras, campurkan dengan 2 sendok makan madu hingga membentuk adonan mirip pasta. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar tidak terlalu lengket. Oleskan ramuan ini pada wajah hingga leher, namun jauhkan dari area mata dan bibir. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Ingat jangan digosok!

Masker Madu untuk Rambut

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, khasiat masker madu bukan cuma untuk wajah tetapi baik juga untuk rambut. Nah, untuk bagian terakhir ini, saya akan memberikan info mengenai cara membuat masker madu untuk rambut.

Madu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan utama beberapa produk kecantikan yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, bagi kesehatan maupun kecantikan. Kombinasi antara madu dan minyak zaitun berkhasiat untuk mengembalikan kemilau rambut yang rusak atau kusam.

Campurkan dua sendok makan madu dengan tiga sendok makan minyak zaitun, adyk hingga tercampur rata. Aplikasikan ramuan tersebut secara merata ke seluruh rambut mulai dari batang hingga ujungnya. Sisir rambut supaya nutrisi terserap dan tutup dengan shower cap. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Masker Madu dan Jeruk Nipis

Kulit kepala Anda terasa gatal karena ketombe? Gunakan ramuan madu dan jeruk nipis berikut ini untuk mengatasinya.

Caranya, ambul satu buah jeruk nipis dan peras airnya, campurkan dengan satu sendok makan madu murni. Sebelum menggunakan masker ini, sebaiknya bersihkan terlbih dahulu rambut Anda menggunakan shampo. Oleskan ramuan madu dan jeruk nipis tersebut secara merata pada rambut dan kulit kepala. Pijat kulit kepala secara lembut selama beberapa menit, bilas dengan air hingga bersih.

Masker Madu dan Susu

Susu dan madu dua bahan alami dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Madu disebut memiliki sejuta khasiat, sedangkan susu merupakan salah satu dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Dan kita akan memadukan keduanya sebagai masker untuk rambut.

Bahan yang diperlukan adalah satu gelas susu dan satu sendok makan madu. Caranya, campurkan kedua bahan tersebut hingga tercanpur rata. Oleskan pada rambut dari batang hingga ujungnya secara merata. Pijat-pijat rambut secara lembut dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dan keramas seperti biasa. Untuk hasil terbaik, gunakan kondisioner pada ujung rambut.

Demikian 11 Cara Ampuh Perawatan Wajah Diberbagai Jenis Kulit dengan Masker Madu  yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan jangan lupa baca juga :