Cara Belajar Cepat Memahami Berbagai Macam Ilmu Pengetahuan

ideparokie.com - Cara Belajar adalah salah satu pengetahuan yang wajib diketahui, karena hal ini sangat penting sifatnya untuk semakin membuat kita mudah menerima berbagai pelajaran dan berbagai pengetahuan baik itu di pendidikan formal maupun di pendidikan non formal.


Cara Belajar Cepat Memahami Berbagai Macam Ilmu Pengetahuan

Berbicara mengenai Cara Belajar Cepat Memahami Berbagai Macam Ilmu Pengetahuan adalah salah satu usaha manusia untuk lebih mengefektifkan dan menyerap berbagai ilmu pengetahuan dan juga lebih mengefisienkan waktu belajarnya, untuk labih memahaminya silahkan baca penjelasan berikut ini :
Cara Belajar Cepat Memahami Berbagai Macam Ilmu Pengetahuan
Cara Belajar Cepat Memahami Berbagai Macam Ilmu Pengetahuan

Pengertian Belajar

Pengertian Belajar menurut Para Ahli Pendidikan, Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau praktek yang diperkuat. Belajar merupakan hasil dari interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilaku. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah bahwa bentuk input dan output dari stimulus dalam bentuk tanggapan.

Agar Cepat Memahami Berbagai Macam Ilmu Pengetahuan, beberapa langkah yang harus dipahami sebagai berikut :

 

Berdoa Sebelum Belajar

Sebelum belajar, ada baiknya kita berdoa menurut agama dan kepercayaan kita masing-masing. Selain saat belajar, kita juga harus berdoa sebelum memulai berbagai kegiatan. Tujuannya adalah untuk meminta keselamatan, kelancaran, dan ketenangan saat kita belajar. Dengan berdoa, belajar jadi lebih tenang dan pikiran kita lebih berfokus kepada materi pelajaran yang sedang kita pelajari. Selain itu ketika kita berdoa maka kita memfokuskan diri (mengosongkan pikiran) dengan melepas semua pikiran yang masih ada didalam benak kita, 

Harus  Mempunyai Cita-cita atau Tujuan.

Tujuan anda belajar tetunya ingin mencapai cita-cita, jika hendak mencapai cita-cita maka harus bekerja keras dan tentunya disertai dengan semangat, jika kita punya cita cita dan tujuan ini maka apapun rintangan yang kita hadapi akan terasa mudah, termasuk didalamnya adalah belajar, belajar tampa tujuan maka yakin saja bahwa kita tidak akan bisa menyelasaikan dan memahami berbagai macam materi pelajaran yang sulit.
Catatan : Jika kamu punya cita-cita dan tujuan maka itu yang akan memotivasi semangat belajar kamu.

Kenali Gaya Belajar Kamu.

Gaya belajar yang sesuai dengan karakter kita tentunya akan mempermudah dalam memahami berbagai informasi yang diterima, jika gaya belajar yang kamu gunakan sesuai maka kamu juga akan merasa tenang dan nyaman. Berikut beberapa tipe belajar yang bisa kamu coba :

Gaya Belajar Visual (Visual Learners). 

Gaya belajar seperti ini menjelaskan bahwa kita harus melihat dulu buktinya untuk kemudian bisa mempercayainya. Kebanyakan tipe belajar seperti ini menggunakan model pratek, 

Ada beberapa karakteristik yang khas bagai orang-orang yang menyukai gaya belajar visual ini. Kebutuhan melihat sesuatu (informasi/pelajaran) secara visual untuk mengetahuinya atau memahaminya
  • Memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna, 
  • Memiliki pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik,
  • Memiliki kesulitan dalam berdialog secara langsung,
  • Terlalu reaktif terhadap suara,
  • Sulit mengikuti anjuran secara lisan.
  • Seringkali salah menginterpretasikan kata atau ucapan.

Gaya belajar Auditory Learners. 

Gaya belajar ini mengandalkan pada pendengaran untuk bisa memahami dan mengingatnya. Karakteristik model belajar seperti ini benar-benar menempatkan pendengaran sebagai alat utama menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, kita harus mendengar, baru kemudian kita bisa mengingat dan memahami informasi itu. Karakter pertama orang yang memiliki gaya belajar ini adalah : 
  • Semua informasi hanya bisa diserap melalui pendengaran, 
  • Memiliki kesulitan untuk menyerap informasi dalam bentuk tulisan secara langsung, 
  • Memiliki kesulitan menulis ataupun membaca.

Gaya belajar membuat ringkasan. 

Gaya belajar ini kebanyakan diminati oleh orang orang yang punya kebiasaan menulis, dengan mencoba membaca informasi, kemudian diringkas dalam bentuk lisan dan direkam untuk kemudian didengarkan dan dipahami. 

Keunggulan dari gaya belajar ini adalah melati tangan untuk selalu menuli, melatih kemanpuan membaca dan memahami, dan menambah perbendaharaan kosa kata.

Gaya belajar Tactual Learners. 

Ada beberapa karekteristik model belajar seperti ini adalah model belajar mendemostrasikan mata pelajaran yang diterimanya, dalam arti dia perlu melakukannya dan memperagakannya, tipe orang suka dengan tipe belajar seperti ini adalah :
  • Menempatkan tangan sebagai alat penerima informasi utama agar kita bisa terus mengingatnya. Hanya dengan memegang kita bisa menyerap informasinya tanpa harus membaca penjelasannya. 
  • Kita termasuk orang yang tidak bisa/tahan duduk terlalu lama untuk mendengarkan pelajaran. 
  • Kita merasa bisa belajar lebih baik bila disertai dengan kegiatan fisik. 
  • Orang-orang yang memiliki gaya belajar ini memiliki kemampuan mengkoordinasikan sebuah tim dan kemampuan mengendalikan gerak tubuh (athletic ability).
Sebenarnya masi banyak gaya belajar yang bisa kita gunakan, tetapi menurut saya kempat inilah yang paling banyak diaplikasikan dan paling bayank diminati para pelajar.

Demikian artikel dari kami tentang Cara Belajar Cepat Memahami Berbagai Macam Ilmu Pengetahuan yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga bermanfaat, Lihat juga :