Cara Budidaya dan Ternak Burung Belibis Dengan Keuntungan Luar Biasa

Ideparokie.com - Burung Belibis yang biasa hidup dialam bebas memang merupakan burung yang suka hidup ditempat basah atau air, bentuk dan model yang menyerupai itik ini memang sudah tidak bayak lagi di pasaran, karena penangkapan yang dilakukan dengan berbagai cara, menyebabakan burung ini semakin langka, Birung Belibis memang memiliki rasa yang khas dan paling enak dinikmati.

Burung Belibis saat ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi, oleh sebab itu Budidaya dan Ternak Burung Belibis Saat ini sudah merupakan lahan yang sangat potensial dan memiliki perhitungan yang cukup menjanjikan, jadi jika aberminat untuk mengembankan burung ini silahkan saja ikuti panduan Cara Budidaya dan Ternak Burung Belibis Dengan Keuntungan Luar Biasa berikut ini :
Cara Budidaya dan Ternak Burung Belibis Dengan Keuntungan Luar Biasa
Cara Budidaya dan Ternak Burung Belibis Dengan Keuntungan Luar Biasa

Cara Budidaya dan Ternak Burung Belibis

Jenis Jinis Burung Belibi Memang beraneka ragam tetapi yang paling populer adalah Belibis Kembang, Burung Belibis Kembang yang dalam bahasa latin disebut Dendrocygna arcuata adalah sejenis burung yang hidup di air. Warna bulu-bulu kecoklat-coklatan, lehernya agak panjang dan kecil, sedangkan paruh dan kakinya berwarna hitam. Kakinya berselaput renang seperti kaki bebek atau itik.

Persaratan Lokasi Untuk Budidaya dan Ternak Belibis 

Lokasi yang paling cocok untuk Budidaya dan Ternak Burung Belibis adalah pinggiran sungai namu jika tidak, kita bisa menciptakan suasana yang sesuai dengan habitat Burung Belibis, dengan syarat utama tempatnya adalah tersedianya kolah untuk berenang.

Pemeliharaan Burung Belibis

Sebelum seorang peternak memulai Budidaya dan Ternak Burung Belibis, harus menyiapkan diri, terutama dalam hal pemahaman tentang Cara Budidaya dan Ternak Burung Belibis Sebagai Berikut :

Kandang Beternak Burng Belibis

Ukuran kandang berbentuk panggung 10 x 6 meter, kandang tidak harus dari bahan yang mahal tetapi cukup sederhana asal tahan lama (kuat). Untuk perlengkapannya berupa tempat makan, tempat minum dan mungkin perelengkapan tambahan lain yang bermaksud positif dalam managemen.
Cara Budidaya dan Ternak Burung Belibis
Cara Budidaya dan Ternak Burung Belibis

Pakan Burng Belibis

Makanannya yang banyak disukai Burng Belibis adalah pakan yang hampir sama dengan pakan bebek, boleh kita kasi jagung, gabah dan bahkan paling bagus kalau sekali kali kita kasi makan pakan ayam, apalagi kalau Burung Belibisnya masih keci yaitu umur 0 sampai dengan 2 bulan maka sebaiknya dikasi pakan ayam dan sekali kali diselingi dengan dedak.

Cara Pemeliharaan Burng Belibis 

Belibis yang sudah berumur tiga bulan sesudah ditetaskan ditetaskan sudah bisa dilepaskan bersama dengan Belibis dewasa, namun sebelumnya itu kita perlu untuk membuat pembesaran anak belibis. Anak belibis yang masih muda meskipun suka hidup ditempat berair, namun sangat rentang dengan hawa dingin terutama kalau pada malam hari oleh sebab itu sebaiknya anak belibis dipelihara secara terpisah dan hendaklah memberikan penghangat pada kandang belibis muda ini, bisa dalam bentuk menyalakan lampu yang mengeluarkan hawa panas.

Catatan :

Burung Belibis adalah burung yang hidupnya bergerombol, namun jangan salah paham, dalam masalah perkawinan, burung ini, sangat setia pada pasangannya masing masing, tidak seperti bebek atau itik kalau seekor jantan bisa mengawini 5 sampai 10 ekor betina, jadi untuk pemilihan indukan belibis harus berpasang pasangan.

Demikian Cara Budidaya dan Ternak Burung Belibis Dengan Keuntungan Luar Biasa dari kami dan semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat. lihat juga :