Inilah Alasan Utama yang Menyebabkan Orang Tergila-gila dengan Pokemon Go

Inilah Alasan Utama yang Menyebabkan Orang Tergila-gila dengan Pokemon Go - Menanggapi trend Game Pokemon Go yang merak sampai mendapatkan berjuta juta pengguna tentu banyak diantara kita yang berfikir apasih kelebihan dan keunikan Game ini ?. Untuk menjawab pertanyaan itu silahkan saja simak penjelasan berikut ini :

Alasan Utama Orang Tergila-gila dengan Pokemon Go

Norris adalah kepala bagian konten di perusahaan yang bergerak di bidang digital di Brighton, Inggris selatan, dan yang ia bicarakan dalam pernyataan di atas adalah game Pokemon Go yang tengah populer saat ini. Prinsip dasar game Pokemon Go yang memanfaatkan teknologi augmented reality (realitas tertambah) ini adalah melacak dan menemukan Pokemon virtual di sekitar kita.
Inilah Alasan Utama yang Menyebabkan Orang Tergila-gila dengan Pokemon Go
Inilah Alasan Utama yang Menyebabkan Orang Tergila-gila dengan Pokemon Go

Kemudahan Memainkan Pokemon Go

Game ini telah diunduh jutaan kali di seluruh dunia. Mengapa banyak orang jatuh cinta dan tergila-gila? Salah satu faktor kesuksesan Pokemon Go yang begitu fenonemal adalah kemudahan memainkan game ini, kata Andrew Przybylski, psikolog di Institut Internet Oxford yang banyak melakukan kajian tentang game.

Bagi banyak orang, ponsel pintar, dan GPS (sistem pemosisi global) bukan barang asing. Siapa yang tak punya ponsel pintar dan siapa pula yang tak menggunakan aplikasi peta? "Anda akan dengan mudah memainkannya," ujar Przybylski.

Faktor lain adalah nostalgia. 

Banyak penggemar Pokemon Go yang memang sudah jatuh cinta dengan karakter ini ketika seri pertama Pokemon diluncurkan pada 1996. Tapi nostalgia saja tidak cukup. Przybylski mengatakan permainan yang menjual nostalgia masa lalu juga harus punya unsur 'kebaruan' dan 'keasyikan' agar mendapat sambutan hangat.
Alasan Utama Orang Tergila-gila dengan Pokemon Go
Alasan Utama Orang Tergila-gila dengan Pokemon Go

Keasikan dan keleluasaan memberikan eksplorasi

"Agar bisa asyik, pemain harus merasa percaya diri, game harus memberi mereka keleluasaan untuk melakukan eksplorasi, dan terhubung dengan para pemain lain. Jika tiga faktor ini terpenuhi, besar kemungkinan game tersebut akan sukses besar," papar Przybylski.  Tiga syarat ini dipenuhi Pokemon Go, seperti dikatakan Norris yang kini lebih aktif menjelajahi daerah Brighton dengan Pokemon Go.

"Ada banyak jalan di Brighton yang tidak saya ketahui sebelumnya," kata Norris. Karena begitu asyiknya mencari Pokemon dunia maya, ada yang sampai berada di luar rumah hingga tengah malam atau bahkan ketika menunggu istri yang tengah melahirkan. Terlihat aneh memang, tapi sejatinya keanehan ini juga mendorong munculnya faktor lain yang juga membuat Pokemon Go sukses besar: perbincangan di media sosial.

Pokemon Go Cukup dikenal di Media Sosial

Pokemon Go punya potensi besar untuk di-meme-kan di media sosial. Lihat saja berapa meme Pokemon Go yang sudah beredar di Twitter, Facebook, Snapchat, atau di layanan pesan WhatsApp. Dan bisa diperkirakan, meme yang lucu sudah hampir pasti mendapat hujan komentar dan akan langsung disebar ke yang lain.

Jadi, Pokemon Go tidak hanya game tapi juga media sosial.
Dalam konteks kesuksesan Pokemon Go, faktor media sosial dan interaksi sosial tak bisa diremehkan. Banyak pemain yang mengaku sekarang lebih interaksi dengan orang di dunia nyata gara-gara Pokemon Go, jadi harus diakui game ini mendorong interaksi dengan orang lain, baik online maupun secara langsung (face to face).

Menurut Przybylski Pokemon Go adalah game era media sosial. "Era media sosial secara tidak langsung telah melatih kita untuk siap memainkan Pokemon Go," kata Przybylski.

Nah, pertanyaannya sekarang, apakah kesuksesan yang luar biasa ini akan bertahan lama atau akan bernasib seperti game-game lain, yang menghilang dalam hitungan pekan atau bulan. Tentu belum bisa dijawab sekarang. Tapi yang pasti di balik itu semua, ada faktor-faktor psikologis yang membuat orang tergila-gila dengan Pokemon Go. Dengan demikian wajar kalau Pokemon Go bisa meledak seperti sekarang ini.

Demikian artikel dari kami tentang Alasan Utama yang Menyebabkan Orang Tergila-gila dengan Pokemon Go yang sempat kami bagikan dan jangan lupa baca juga :