Cara Budidaya dan Ternak Burung Gelatik Jawa Cepat Menghasilkan

Ideparokie.com - Burung glatik jawa memang sangat terkenal, hal ini disebabkan oleh burung yang satu ini memiliki bulu yang sangat inda dan menawan, paruhnya juga yang berwarna merah menambah keindahan dan pesona burung ini. dan untuk lebih jelasnya mengenai Cara Budidaya dan Ternak Burung Gelatik Jawa Cepat Menghasilkan silahkan ikuti penjelasan berikut ini :
Cara Budidaya dan Ternak Burung Glatik Jawa Capat Menghasilkan
Cara Budidaya dan Ternak Burung Gelatik Jawa Cepat Menghasilkan

Budidaya dan Ternak Burung Gelatik Jawa

Cara pertama budidaya burung gelatik jawa atau padda oryzivira adalah dengan melihat paruh burung gelatik, untuk lebih mengenal dan mudah mengenali burung gelatik lihat gambar di bawah ini. kanan adalah burung gelatij jantan, dari kacamata merah sekali lingkaranya dan paruh juga merah sekali di banding burung gelatik betina.

Sekarang bagaimana dengan kandang, burung gelatik ini suka berkelmpok dan tidak suka menyendiri, kita bahas nendang setelah membahas profile burung gelatik ini. Burung gelatik adalah burung pemakan biji-bijian dan termasuk jenis burung finch, burung gelatik banyak di ternak di jawa dan bali loh, dan biasanya di buat untuk hiasan di hotel atau di taman tumah karena kecantikan bulunya.

Kandang ternak untuk burung Gelatik Jawa

Burung gelatik jika ingin membudidayakan agan siapkan kandan berukuran 40 x 30 cm yang di huni satu pasang indukan.  Buat kandang burung gelatik dengan kerangka kayu dan atap bisa menggunakan asbes atau seng, dengan depan kandang di beri kawat kasa, atau kawat ram, supaya sinar matahari bisa masuk kekandang supaya bisa membnuh jamur yang berada di kandang burung gelatik dan burung gelatik bisa berjemur setelah dia mandi pagi, soalanya burung gelatiik ini suka mandi loh.
Cara Budidaya dan Ternak Burung Glatik Jawa Capat dan Menghasilkan
Cara Budidaya dan Ternak Burung Gelatik Jawa Cepat dan Menghasilkan

Pemilihan Indukan yang Bik

Perangai lincah (pilih burung gelatik yang lincah)
Burung gelatik silver harus aktif bergerak ke sana kemari. Tidak cenderung untuk diam saja. Jika ada sesuatu yang mendekati sangkarnya otomatis burung ini akan terbang kelabakan. Burung yang diam dikhawatirkan menderita sakit atau dapat saja sedang mengalami stres. Hal-hal seperti ini dapat berakibat fatal pada gagalnya usaha penangkaran yang sedang dilakukan.

Bulu Gelatik sangat rapi
Bulu yang tertata rapi menunjukkan burung ini bersih dan tidak sedang mengalami stres. Burung gelatik silver umumnya merawat bulu dan menatanya sesudah mandi. Apabila bulunya tampak mengkorok menandakan burung tersebut sedang menderita sakit.

Dubur burung gelatik bersih (pilih dubur yang bersih) 
Bagian dubur harus benar-benar diperhatikan dengan seksama. Bersih tidaknya bagian dubur menunjukkan kondisi kesehatan dari burung itu sendiri. Jangan pilih seekor burung dengan dubur yang tidak bersih dan di sekitarnya banyak kotoran. Hal ini menunjukkan bahwa burung tersebut menderita permasalahan dengan pencernakannya. Dapat saja burung terkena mencret atau infeksi pada usus atau lambungnya. Yang dikhawatirkan hal tersebut akan menurun pada anakannya.

Paruh burung gelatik
Pilihlah burung yang letak paruh antara bagian atas dengan bagian bawahnya simetris. Jangan sampai terpilih yang cacat, yaitu antara paruh atas dengan bawahnya tidak mengatup secara sempurna. Cacat seperti ini dapat terjadi akibat perkawinan yang sedarah.

Lingkar mata
Lingkar mata juga merupakan salah satu petunjuk untuk mengetahui kesehatan burung. Harus diperhatikan bahwa warna lingkar mata tersebut adalah merah terang bukan pucat. Warna pucat menunjukkan kondisi burung yang kurang fit. Burung yang baik biasanya memiliki lingkar mata yang membulat sempurna dengan ketebalan yang rata. Selain itu, lingkar matanya bersih dan halus, tidak terdapat lekukan-lekukan

Itulh tadi ulasan dari kami tentang Cara Budidaya dan Ternak Burung Gelatik Jawa Cepat Menghasilkan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini bisa bermanfaat, dan jangan lupa baca juga :