Rahasia Sukses dalam Dunia Bisnis, Hindari 8 Pantangannya yang Sangat Berbahaya

Ideparokie.com - Pantangan memulai bisnis bisa menjadi kendala berarti. Seperti halnya pantangan bagi penderita penyakit tertentu. Bila pantangan tersebut dilanggar bisa berdampak pada kesehatan bisnis yang tengah dirintis. Bagi pebisnis baru ada banyak hal yang mesti dipelajari. Umumnya bisa berupa trik atau tips bisnis yang benar. Akan tetapi, bagi para pebisnis pemula ada pula beberapa hal yang tidak boleh dilakukan.
Rahasia Sukses dalam Dunia Bisnis, Hindari 8 Pantangannya yang Sangat Berbahaya
Rahasia Sukses dalam Dunia Bisnis, Hindari 8 Pantangannya yang Sangat Berbahaya

Sukses dalam Dunia Bisnis, Hindari 8 Pantangannya yang Sangat Berbahaya

Tentu pantangan-pantangan tersebut perlu diketahui supaya Anda dapat menghindarinya. Supaya Anda tidak bingung dengan apa saja yang perlu dihindari, berikut diberikan beberapa diantaranya:

TERLAMBAT

Sebagai seorang pebisnis memang ada kebebasan lebih dalam hal waktu. Anda bebas menentukan waktu kerja tanpa harus terikat dengan jadwal kantor. Akan tetapi, tidak sedikit yang ternyata terlena dengan kebebasan tersebut. Alhasil terlambat menjadi hal yang seolah biasa dilakukan. Tentunya keterlambatan mesti dihindari terlebih bila ini menyangkut dengan keberlangsungan bisnis Anda. Misalnya saja janji bertemu dengan pelanggan atau mengirim barang pesanan. Bila Anda sudah membuat janji dengan pelanggan tentu harus menghindari terlambat. Pasalnya hal ini berkaitan langsung dengan bisnis Anda. Karena itu, meski bebas tetap buat rencanan yang terjadwal rapi tanpa jam karet. Atur jadwal Anda sedemikian rupa supaya tidak ada agenda yang bertabrakan atau terlewatkan.

HANYA FOKUS AGAR BISA CEPAT KAYA

Memang benar bila besar laba yang diperoleh menjadi salah satu patokan keberhasilan menjalankan bisnis. Akan tetapi, seorang pebisnis bukan pedagang yang sebatas menghitung besar laba dan rugi terus-menerus. Memulai bisnis baru dengan tujuan ingin jadi orang kaya cukup wajar, tetapi hasrat tersebut bisa berujung kekecewaan besar bila terjadi kegagalan. Padahal mengambil keputusan terjun sebagai pebisnis disertai dengan risiko kegagalan yang tinggi. Selain itu, sebenarnya tidak ada jaminan bila rata-rata laba seorang pebisnis akan lebih besar dibanding pendapatan pegawai, terutama pada tahap perintisan bisnis. Bahkan ada pula jenis bisnis yang harud dimulai dengan rugi lebih dulu. Inilah mengapa hanya fokus agar bisa cepat kaya menjadi salah satu pantangan memulai bisnis  yang harus dihindari.

SALAH MEMPERLAKUKAN PELANGGAN

Bagi setiap pebisnis, pelanggan merupakan raja. Terlebih pada bisnis di sektor jasa. Sekali saja pebisnis melakukan kesalahan yang tidak disukai atau tidak memuaskan pelanggan, maka reputasi bisnis yang dijalankan akan memiliki catatan cacat. Hal ini bisa jadi lebih parah bila Anda pelanggan tersebut termasuk yang “bawel” dan gemar berkicau di sosial media. Sejumlah komentar negatif yang ditinggalkan di media sosial tentu mudah diakses pelanggan lain yang kemungkinan besar membuat mereka jadi ragu menggunakan jasa Anda. Oleh karena itu, Anda mesti mampu mengenali seperti apa pelanggan Anda dan apa saja yang harus dilakukan supaya mereka puas. Jangan sampai karena satu kesalahan kecil Anda kehilangan pelanggan setia. Adapun bila ada pelanggan yang sedikit berbuat ulah sementara sebenarnya Anda tidak salah, Anda juga harus mampu mengatasinya.

KESALAHAN PENENTUAN ORGANISASI BISNIS

Pada tahap awal menjalankan bisnis Anda memerlukan forus khusus agar dapat membantu membangun karakter yang tepat. Di sisi lain hal ini juga bermanfaat dalam rangka bertukar pikiran terkait bisnis yang dijalankan. Akan tetapi, bila Anda salah memilih organisasi hal ini malah merusak rencana bisnis Anda. Dalam organisasi bisnis tentunya ada banyak pebisnis yang bisa jadi pesaing. Bila saat mendapat mentor atau partner yang salah, tanpa ragu ketidaktauan Anda akan dimanfaatkan untuk menjatuhkan Anda. Oleh karena itu, sebagai pebisnis diperlukan pula wawasan luas. Seorang pebisnis pun seharusnya mau terus belajar dan menggali potensi diri sendiri.

TIDAK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN SENDIRI

Pantangan memulai bisnis selanjutnya tidak menyelesaikan permasalahan sendiri. Dalam menjalankan bisnis tidak mungkin tidak menemukan kendala atau hambatan. Namun, tidak lantas kendala tersebut dijadikan alasan untuk mundur dan menyerah. Inilah mengapa seorang pebisnis harus menguasai bidang bisnis yang dilakoni. Sering pula disarankan memilih bidang bisnis yang disukai atau malah menjadi hobi. Hal ini agar tidak hanya bergantung atau mudah percaya dengan orang lain. Apalagi dengan menyerahkan semua keputusan pada orang lain yang tidak menutup kemungkinan akan berakibat buruk pada bisnis yang tengah dirintis. Sebenarnya bisnis bisa dianggap sebagai anak yang harus dibesarkan dan dirawat sendiri. Karena terlalu mempercayakan semua urusan kepada orang lain bisa berisiko pada bisnis Anda.

MODAL BISNIS DAN KEUNTUNGAN YANG BERCAMPUR UNTUK KEBUTUHAN HARIAN

Manajemen keuangan perlu dipikirkan sebelum memulai bisnis. Meski masih bersifat sederhana tetapi kas keuangan yang dibuat  harus tersusun baik. Namun, hindari mencampur modal dan keuntungan dengan keuangan pribadi terlebih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini bisa menyulitkan Anda dalam mengontrol uang hasil bisnis. Sehingga bila terjadi kesalahan cukup sulit untuk dilacak. Karenanya pisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Adapun bila sekali waktu Anda terpaksa mengambil uang dari kas bisnis, anggap uang tersebut sebagai pinjaman yang wajib dikembalikan. Kas modal bisnis dan keuntungan yang bercampur dengan kas pribadi hanya akan merusak data keuangan yang ada.

GEMAR BERBISNIS SENDIRI

Bila memang ada niatan membuka lapangan pekerjaan, mengapa harus takut membayar tenaga orang sebagai pekerja? Apalagi bila bisnis yang Anda jalankan sudah mulai berkembang. Tentunya akan cukup melelahkan bila Anda kerjakan semua sendirian. Merekrut pekerja atau pegawai jelas lebih menguntungkan karena Anda bisa memiliki waktu lebih untuk fokus memikirkan strategi mengembangkan bisnis dengan ide-ide cemerlang tanpa harus terbebani dengan teknis bisnis. Jadi hilangkan pikiran Anda rugi karena harus menggaji pekerja. Karena itu gemar berbisnis sendiri menjadi pantangan memulai bisnis yang juga harus dihindari. Bila perlu kembangkan bisnis dengan bekerja sama dengan mitra kerja.

BERBISNIS DENGAN TEMAN DEKAT

Meski berbisnis sendiri menjadi pantangan, tetapi tidak lantas berbisnis dengan teman dekat dianjurkan. Sebaliknya berbisnis dengan teman dekat bisa menjadi suatu pantangan dalam memulai bisnis. Mengapa demikian? Walau mampu menjalin hubungan pertemanan kuat dan erat tetapi hal tersebut bukan sebuah jaminan bisa harmonis membangun bisnis bersama. Hal ini karena bisnis bersama teman dekat kerap kekurangan ahli lantaran lebih mementingkan kebersamaan sebagai modal utama. Akan ada banyak faktor yang membuat kompetisi terasa makin ketat. Selain itu, hubungan pertemanan dan rasa tidak enak bisa mengganggu keseimbangan bisnis yang sedang dirintis. Lebih parahnya bila terjadi percecokan dalam bisnis tidak jarang bisa berdampak pada hubungan pertemanan yang sudah dijalin. Tentu Anda tidak ingin pertemanan yang sudah dijalin lama menjadi taruhannya bukan.

Jadi bukan hanya trik dan tips yang harus dikuasai jika ingin menjadi pengusaha bisnis yang besar dan berhasi tetapi pantangannya pung harus dihindari.

Demikian ulasan tentang Sukses dalam Dunia Bisnis, Hindari 8 Pantangannya yang Sangat Berbahaya dari kami dan semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat. Baca juga :