Bisnis Online Meliputi Pengertian, Syarat, Keuntungan dan Kekurangannya

Bisnis Online Meliputi Pengertian, Syarat, Keuntungan dan Kekurangannya - Apa sih bisnis online itu?. Bisnis online adalah sebuah kegiatan berbisnis yang dilakukan secara online. Jika kita perhatikan dari segi bahasa, kata bisnis memiliki pengertian usaha komersial dalan dunia perdagangan, sedangkan online memiliki pengertian dalam jaringan. Dengan demikian, bisnis online adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan yang dilakukan dalam jaringan (internet).

Sudah banyak sekali orang yang berbisnis dengan metode online, karena banyak sekali keuntungannya dan persyaratannya pun cukup mudah. Apalagi, dengan metode ini produk yang kita tawarkan tidak hanya dilihat oleh orang sekitar saja. Produk kita bisa dilihat oleh orang se Indonesia bahkan sedunia.
Bisnis Online Meliputi Pengertian, Syarat, Keuntungan dan Kekurangan
Bisnis Online Meliputi Pengertian, Syarat, Keuntungan dan Kekurangan

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet).

Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online.

Aktivitas bisnis online ini bisa meliputi kegiatan jual beli online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya yang bisa kita temukan di online di berbagai bidang industri.

Intinya, jika Anda memiliki suatu ide bisnis maupun produk yang unik, Anda bisa langsung memulai menjualnya lewat internet.

Syarat Berbisnis Online

Oke, sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai apa itu kelebihan dan kekuragan dari bisnis ini, alangkah lebih baiknya anda mengetahui persyaratan dan berbisnis online. Ada 5 syarat yang harus dipenuhi oleh pebisnis online:

Dapat mengoperasikan komputer (Pc/laptop) dengan baik

Ini merupakan dasar yang harus dimiliki oleh pebisnis onlie karena semua yang dilakukan disini pastinya akan menggunakan komputer.

Memiliki Koneksi Internet yang cukup

Karena penjualan produk atau jasa yang kita tawarkan menggunakan jaringan internet, tentunya ini menjadi syarat wajib bagi para pebisnis online. Tanpa koneksi  internet, maka bisnis tidak akan bisa berjalan.

Memiliki Email

Seorang pebisnis onlie wajib memiliki akun email minimal satu. Alamat email ini akan selalu digunakan oleh pebisnis online.

Memiliki Akun Bank Local

Hal ini juga penting mengingat transaksi yang dilakukan online, tanpa bertatap muka antara penjual dan pembeli. Kebanyakan pebisnis online menggunakan akun bank seperti BCA, Mandiri, dan BRI.

Memiliki Akun Bank Sedunia

Selain bank lokal, ini juga mungkin perlu dimiliki oleh para pebisnis online. Sebagai contoh yaitu 

Keuntungan dan Kekurangan Berbisnis Online

Ada banyak sekali keuntungan yang dapat kita raih jika kita menggunakan metone online. Akan tetapi, mungkin juga ada beberapa kelemahan dari metode ini. Namun, menurut hemat saya dan pengalaman saya, lebih banyak keuntungan (kelebihan) metode online dibanding kekurangan (kelemahannya). dan untuk Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online silahkan simak penjelasan berikut.

Keuntungan (Kelebihan)

  1. Dapat dilakukan kapanpun dan dimanapunBisnis online ini sangat fleksibel sekali. Anda bisa menjalankannya tanpa harus memiliki tempat khusus (Kita bisa memilih tempat berbisnis sendiri). Anda dapat melakukan bisnis online ini kapan saja anda mau asalkan masih terkoneksi dengan internet.
  2. Tidak Dipungut biayaBisa dibilang bisnis online itu gratis (tanpa modal). Akan tetapi menurut saya sih tidak benar benar tanpa biaya, karena anda tetap harus mengeluarkan uang untuk beli kuota internet, kecuali anda melakukan bisnis dikantor tempat anda kerja yang difasilitasi koneksi internet (internet gratisan)
  3. Dapat berjalan sekalipun kita sedang tidurKok bisa?. Ya tentu saja bisa. Karena sifatnya online, maka toko anda akan tetap buka tanpa harus anda awasi. Kapan pun pelanggan bisa melihat produk yang kita jual, mau pagi, siang, sore, malam, bahkan tengah malam pada saat anda tidur.
  4. Tidak banyak mengeluarkan TenagaKenapa hemat tenaga? Karena pekerjaan anda cukup ringan. Cukup dengan didepan komputer atau laptop sambil nyemil, ngopi, ngeteh, tidur-tiduran, lesehan, pokoknya santai.
  5. Bisa dilakukan tanpa memiliki produk sendiriBisnis Online ini banyak macamnya. Bila anda tidak punya produk sendiri, ada banyak alternatif bisnis online, contohnya yaitu reseller dropship (yang saya lakukan saat ini), PPC, PTC, dan lain sebagainya. Insya Allah akan kita bahas dipertemuan selanjutnya.
  6. Produk tidak hanya dilihat oleh orang-orang sekitar sajaSeperti yang sudah saya singgung sebelumnya, jika kita menjual produk di dunia maya, maka produk kita bisa dilihat oleh orang diseluruh Indonesia, bahkan sedunia.
  7. Kita adalah bosnyaDalam bisnis online, tidak ada istilah karyawan. Sebagai pebisnis online, kita adalah bos bagi diri kita sendiri. Kita bebas melakukan apa saja tanpa ada orang lainnya yang mengaturnya.
  8. Mudah mempromosikan produkBisnis online dalam hal pemasaran produk tidak diribet bisnis offline yang mungkin harus door to door. Anda cukup promosi lewat media-media sosial seperti facebook, twitter, g+, dll.

Kelemahan (Kekurangan Bisnis Online)

  1. Sangat bergantung pada internetSemua kegiatan bisnis online selalu membutuhkan koneksi internet. Tanpa internet, bisnis bisa berhenti (bubar) atau dengan kata lain mati gaya, mati kutu, pokoknya ga bisa berkutik.
  2. Kurangnya Kepercayaan KonsumenSering adanya penipuan di internet membuat tidak sedikit orang (calon pelanggan) yang masih kurang percaya dengan para penjual di internet.
  3. Pelanggaran Hak CiptaApabila kita sebagai penjual “File” seperti Ebook yang murni buatan (karya) kita sendiri, maka ketika produk kita tersebut laku dipasaran. Tak perlu heran akan banyak para pembajak yang menjual produk yang sama tanpa kita ketahui.
  4. Masalah pengiriman barang/produkDalam sistem online, ini mungkin bisa jadi penghambat juga. Karena pelanggan tidak berada ditempat kita jualan, maka akan ada biaya tambahan (ongkir). Kalau memang ukuran barang dan beratnya kecil tidak terlalu jadi persoalan karena hanya akan dihitung berat 1 kg. Jika pake jasa kurir JNE biasanya 9 ribu saja untuk per satu kilonya. Masalahnya kalo yang kita jual bentuk, ukuran dan beratnya besar. Maka perlu biaya yang cukup banyak juga dan biasanya pembeli jadi pikir-pikir dulu.
Memang dalam memulai usaha online kita harus mengerti betul mengenai bisnis online ini agar segalanya bisa diperhitungkan sebelumnya sehingga kita bisa lebih terarah. dan semoga apa yang kami bagikan tentang Bisnis Online Meliputi Pengertian, Syarat, Keuntungan dan Kekurangannya ini dapat membantu anda dan semoga sukses, baca juga artikel kami lainnya berikut ini :