Cara Sukses Agar Bisnis Berkembang dengan Cepat

Cara Sukses Agar Bisnis Berkembang dengan Cepat - Fenomena yang saat ini terlihat di masyarakat kita adalah semakin banyaknya pengusaha baru yang bermunculan, baik itu pengusaha kecil-kecilan ataupun pengusaha besar. Bisnis kecil-kecilan atau bisnis rumahan biasanya dimulai dari hal-hal sederhana, misalnya hobi memasak akhirnya buka usaha kuliner, hobi memancing akhirnya punya toko yang menjual alat pancing, hobi main burung akhirnya jualan burung atau makanan burung, dan lain sebagainya.
Cara Sukses Agar Bisnis Berkembang dengan Cepat
Cara Sukses Agar Bisnis Berkembang dengan Cepat
Satu catatan penting saya adalah, bisnis rumahan yang berkembang dan semakin maju pasti pemasarannya melibatkan internet, atau pemasaran melalui internet. Bisnis yang tidak memanfaatkan internet biasanya akan sangat sulit untuk berkembang, atau bahkan bisa saja malah bangkrut karena tidak bisa bersaing dengan mereka yang sudah go online.

Nah, jika kita bicara pemasaran bisnis melalui internet maka ini akan melibatkan website bisnis, media sosial, list building, SEO, artikel marketing, dan masih banyak lagi. Bagi mereka yang masih awam pasti menganggap bahwa mempelajari hal ini akan sangat sulit, pada kenyatanya bisnis kita akan semakin sulit jika kita tidak belajar memasarkannya melalui internet.

Salah satu contoh bisnis rumahan yang berhasil dipasarkan melalui media internet adalah usaha gorengan tahu jeletot Taisi yang ada di Depok. Kebetulan waktu itu saya sedang belanja tahu jeletot karena penasaran dengan rasanya yang katanya pedas. Memang rasanya unik, tapi yang lebih unik lagi adalah pemasarannya. Si pemilik usaha tahu jeletot tersebut mengembangkan bisnisnya dengan sistem waralaba dimana di memasarkan waralabanya tersebut melalui media internet.

Tidak seperti penjual gorengan biasanya, pemilik usaha gorengan tahu jeletot Taisi ini punya website untuk mengembangkan usahanya. Kita bisa melihat websitenya di TahuJeletot.com. Mereka yang mengunjungi situsnya dan tertarik dengan peluang usaha tahu jeletot bisa menghubungi si pemilik usaha melalui websitenya. Tentunya peluang untuk mendapatkan mitra bisnis untuk usahanya akan jauh lebih besar karena jangkauannya lebih luas melalui internet.

Pemasaran melalui internet yang dilakukan oleh Tahu Jeletot tersebut adalah salah satu contoh bagaimana hebatnya pemasaran melalui internet. Dengan biaya yang cenderung jauh lebih murah dibandingkan dengan memasang iklan di media lain seperti Televisi, Koran, Majalah, tentu media internet merupakan cara yang paling baik untuk memasarkan bisnis rumahan.

Nah, bagi Anda yang punya bisnis rumahan atau bisnis kecil-kecilan, maka sebaiknya manfaatkanlah media internet untuk menjual atau memasarkan usaha Anda tersebut. Buatlah website untuk bisnis Anda, buat akun media sosial khusus untuk usaha Anda tersebut. Dengan begitu, Anda akan melihat perkembangan usaha Anda ke arah yang lebih baik. Jangan pernah remehkan usaha rumahan Anda, karena bawang goreng pun laris dijual melalui internet.