Budidaya Bunga Sedap Malam : Penyiapan Bibit, Penanaman, Perawatan, Panen dan Manfaat

Ideparokie.com - Salah satu bunga yang memiliki kemanpuan dengan aromanya yang harum pada malam hari adalah bunga sedap malan, Tahukah anda bahwa selain keindahan bentuk bunganya yang khas Bunga Sedap Malam juga meiliki banyak kelebihan sebagai obat tradisional yang sangat manjur. Untuk mengerti semianya silahkan saja ikuti penjelasan Budidaya Bunga Sedap Malam : Penyiapan Bibit, Penanaman, Perawatan, Panen dan Manfaat berikut ini :
Budidaya Bunga Sedap Malam  Penyiapan Bibit, Penanaman, Perawatan, Panen dan Manfaat
Budidaya Bunga Sedap Malam  Penyiapan Bibit, Penanaman, Perawatan, Panen dan Manfaat

Cara Budidaya Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam (Polianthes tuberosa) yang paling banyak dibudidaya adalah jenis Roro Anteng (berbunga semi ganda). Bunga Sedap Malam Roro Anteng sendiri merupakan varietas unggul nasional dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Ada juga bunga sedap malam berbunga ganda dari Cianjur yang dilepas oleh Balai Penelitian Tanaman Hias bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cianjur sebagai varietas unggul nasional dengan nama Dian Arum
Syarat Tumbuh Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam sangat bagus dibudidaya di dataran rendah dengan ketinggian antara 600m - 1.500 m dari permukaan laut. Bila sedap malam berbunga tunggal dan semi ganda ditanam di dataran sedang, maka hasil bunga akan memiliki tangkain yang agak panjang tidak kokoh dan kurang kekar serta malai bunga agak panjang dan bagian ujung malai terkulai dengan jumlah kuntum bunga lebih sedikit. Sehingga Kualitasnya menjadi jelek dan tidak layak untuk dijual.

Penyiapan Bibit / Benih Sedap Malam

Setelah kita memiliki lahan yang cocok untuk budidaya sedap malam, kita siapkan bibit. Bibit Sedap malam berupa umbi yang diambil dari rumpun induk yang berusia lebih dari 1,5 tahun. Ukuran umbi sebagai benih/bibit sebesar 1-2 cm dan sudah dikeringkan selama 2-3 minggu. Setelah dieringkan umbi disimpan terlebih dahulu 1-2 bulan, hal ini bertujuan agar ketika ditanam tunas cepat keluar.

Penanaman Bibit Bunga Sedap Malam

Sebelum melakukan penanaman, lahan harus digemburkan dibuat bedengan. Taburkan pupuk kandang ke atas bedengan secara merata, Antara bedengan satu dengan yang lainnya dibuat parit untuk drainase. Proses penanaman dengan cara buat lubang tanam sedalam tinggi bibit, atur jarak tanam 30 cm antar barisan dan 25 cm dalam barisan. Beri pupuk urea dan siram sampai cukup basah.

Perawatan Tanaman Bunga Sedap Malam

Proses perawatan tidak berbeda dengan tanaman bunga lainya, cukup disiriam pada pagi dan sore hari, untuk pemupukan menggunakan campuran pupuk UREA dan TSP dengan perbandingan 50 : 50 dan dilakukan setelah tanaman berumur 6 bulan.

Panen Bunga Sedap Malam

Umumnya tanaman sedap malam akan berbunga pada umur 4-5 bulan setelah tanam. Panen bunga sebagai bunga potong dilakukan saat satu atau dua kuntum bunga telah mekar. Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai bunga dengan gunting atau menarik tangkai bunga hingga terlepas dari rumpun tanaman. Masa produktif tanaman sedap malam mencapai umur 2 tahun setelah tanam. Setiap rumpun tanaman dapat menghasilkan bunga 3 - 5 tangkai bunga potong.

Manfaat dan Khasiatnya Bunga Sedap Malam Sebagai Tanaman Obat Tradisional

Bunga sedap malam memang banyak memiliki kelebihan dan manfaat, kelebihan dan manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut :

Bisul dan bengkak
Bahan: akar bunga Sedap Malam.
Cara membuat: ambillah akar Sedap Malam secukupnya kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, tumbuklah sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Katarak
Bahan: bunga Sedap Malam sekitar 50 kuntum.
Cara membuat: rebuslah bunga-bunga tersebut dengan takaran air 1.500 cc sampai mendidih. Tunggulah sampai dingin. Setelah dingin baru kemudian digunakan untuk mencuci mata.

Penenang pikiran, susah tidur, dan penambah darah
Bahan: lumayan banyak bahan-bahannya dan tak hanya menggunakan Sedap Malam saja. Siapkan 30 kuntum bunga Sedap Malam, 15 gram kie cie yang bisa dibeli di toko obat China, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 10 gram jahe, 1-2 buah hati ayam, merica, garam.
Cara membuat: pertama-tama, irislah bawang putih dan merah. Kemudian tumis semua bahan menggunakan minyak goreng non-kolesterol dan tambahkan tepung tapioca yang telah diencerkan secukupnya. Masaklah sampai matang.

Meningkatkan stamina
Bahan: 50 kuntum bunga Sedap Malam, 50 gram kacang kapri, 100 gram udang, 1 butir telur ayam, 10 gram jahe, 2 siung bawang putih.
Cara membuat: tumislah semua bahan dengan menggunakan minyak goreng non-kolesterol, tambahkan juga tepung maizena yang telah diencerkan. Kemudian masaklah sampai matang.

Mengobati Influenza
Bahan: 20 gram akar Sedap Malam, 15 gram jahe, 2 gram batang daun bawang putih, dan 600 cc air.
Cara membuat: rebuslah semua bahan-bahan tersebut dalam air sampai sisanya tinggal separuh (300 cc). Kemudian air rebusan itu diminum dua kali masing-masing 150 cc.

Mengatasi Radang tenggorokan
Bahan: 20 gram akar Sedap Malam, 25 gram sambiloto segar dan 600 cc air putih.
Cara membuat: rebuslah bahan-bahan tersebut dengan air putih sampai tersisa setengahnya. Setelah itu, kemudian saring dan minumlah dua kali sehari masing-masing 150 cc.

Mengatasi Rematik
Bahan: 30 gram akar bunga Sedap Malam, 20 gram jahe merah, gula merah secukupnya, dan 400 cc air. 
Cara membuat: rebuslah bahan-bahan bersama 400 cc air sampai mendidih. Kemudian saring dan bagi menjadi dua bagian untuk diminum dua kali dalam sehari

Demikian ulasan singkat dari kami mengenai Cara Budidaya Bunga Sedap Malam : Penyiapan Bibit, Penanaman, Perawatan, Panen dan Manfaat dari kami dan semoga apa yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat dan lihat juga :