Budidaya dan Menanam Buah Serikaya : Pembibitan, Cara Perbanyakan, Proses Penanaman, Sambungan Pucuk

Ideparokie.com - Buah serikaya memang sangat terkenal di kalangan masyarakat, selai rasanya yang lezat, buah srikaya memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan, jadi wajar saja kalau buah srikaya banyak di budidayakan para petani, selain itu buah yang satu ini banyak di cari di berbagai lapisan masyarakat sehingga Budidaya buah serikaya ini cukup menjanjikan.


Budidaya dan Menanam Buah Srikaya

Berikut ini akan kami bagikan Budidaya dan Menanam Buah Serikaya : Pembibitan, Cara Perbanyakan, Proses Penanaman, Sambungan Pucuk, namu sebelum itu, kita simak dulu beberapa manfaat buah srikaya sebagai berikut.
Budidaya dan Menanam Buah Srikaya Pembibitan, Cara Perbanyakan, Proses Penanaman, Sambungan Pucuk
Budidaya dan Menanam Buah Srikaya Pembibitan, Cara Perbanyakan, Proses Penanaman, Sambungan Pucuk
1. Baik untuk kehamilan
Seseorang yang sedang menjalani masa kehamilan tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah srikaya. Karena, buah srikaya bermanfaat untuk kesehatan otak, sistem kekebalan tubuh, dan juga sistem saraf. Selain itu, buah srikaya juga mampu menurunkan risiko keguguran.

2. Menambah berat badan

Bilamana Anda ingin berat badan meningkat tentunya dengan cara yang sehat, maka konsumsilah buah srikaya. Hal ini dikarenakan buah srikaya dapat membantu meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan pencernaan
Makanan menyegarkan biasanya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dan ini ternyata berlaku juga untuk buah srikaya. Kandungan tembaga dan kaya akan serat membuat buah ini dapat melancarkan buang air besar sekaligus menyehatkan sistem pencernaan.

4. Menjaga kesehatan jantung
Buah srikaya mengandung magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, kandungan tersebut mampu mencegah terjadinya serangan penyakit jantung.

5. Menjaga tekanan darah
Tekanan darah seseorang dapat dikendalikan dengan mengonsumsi buah srikaya secara rutin. Srikaya mengandung potasium dan magnesium yang akan membantu menjaga tekanan darah supaya tetap dalam keadaan normal.

6. Mengobati anemia
Selain memiliki kandungan zat besi, buah srikaya juga mempunyai fungsi sebagai stimulan, haemantic, dan juga ekspektoran. Ketiga fungsi tersebut tentu bermanfaat untuk membantu mengobati anemia.

7. Mencegah arthritis
Didalam buah srikaya terdapat magnesium yang mampu menyeimbangkan kadar air didalam tubuh sehingga bermanfaat untuk menghilangkan rasa asam dari sendi yang merupakan penyebab timbulnya arthritis.

8. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Tidak banyak yang tahu bahwa buah srikaya itu ternyata bermanfaat untuk kesehatan gigi dan juga mulut Anda. Terutama pada bagian kulit srikaya yang memang dapat membantu mengurangi sakit gigi dan gusi.

9. Menyehatkan mata
Buah srikaya mempunyai kandungan vitamin C dan riboflavin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, ia juga bermanfaat untuk melindungi terjadinya kerusakan penglihatan yang disebabkan oleh radikal bebas.

10. Menurunkan kolesterol
Salah satu hal yang dapat mengancam kesehatan jantung Anda adalah tinggi kolesterol. Untuk menurunkan kadar kolesterol, bisa dicoba dengan mengonsumsi buah srikaya. Kandungan serat dan niasin didalamnya bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Itulah tadi beberapa manfaat buah srikaya, berikut kita simak Cara Budidaya dan Menanam Buah Srikaya :

Pembibitan Srikaya

Dalam teknik  budidaya srikaya, pertama-tama anda harus mengetahui cara yang tepat untuk pembibitan srikaya agar bisnis budidaya anda menguntungkan. Untuk cara budidaya srikaya terdapat dua cara untuk pembibitannya, yaitu dengan cara generatif dan perbanyakan vegetatif. Sebenarnya cara tanam srikaya dapat ditanam langsung dari biji buah yang manis, akan tetapi dalam perbanyakan dengan biji srikaya akan mengalami pemecahan sifat karena biji srikaya yang bersifat heterozigot. Oleh karena itu penanaman dengan biji dari buah yang manis, ada kemungkinan akan menghasilkan buah yang tidak manis.

Cara Perbanyakan

Karena menanam dengan biji hasilnya tidak pasti, sebaiknya anda bercocok tanam srikaya dengan teknik vegetatif yaitu seperti okulasi, sambungan, dan cangkok. Cara menanam yang tepat adalah sebagai berikut. Biji sebenarnya tetap ditanam, akan tetapi hanya sebagai pembentuk populasi dalam pemuliaan atau perbaikan varietas dan juga sebagai batang pokok dalam perbanyakan secara vegetatif. Biji tetap dapat ditanam namun cuman sebagai pohon utama. Setelah pohon cukup besar dilakukan perbanyakan vegetatif. Cabang yang digunakan dalam teknik vegetatif memiliki kualitas sama dengan tanaman induknya.

Ciri-Ciri Bibit Vegetatif

Memiliki sifat sama bahkan identik dengan induknya. Kemudian cepat menghasilkan buah. Jika hanya dengan biji, pohon baru akan berbuah pada umur 4 sampai 5 tahun. Sedangkan jika dengan bobot vegetatif akan berbuah pada umur 3 sampai 4 tahun saja. Akar tunggang juga sama kuat, kecuali untuk bibit cangkok karena berakar tunggang palsu. Kemudian adalah proses penanaman.

Proses Penanaman Srikaya Unggul

Berikut ini adalah langkah untuk penyiapan bibit batang bawah dari biji srikaya untuk persemaian. Pertama ambillah biji dari buah yang sudah matang pohon atau sudah tua. Kemudian cuci biji dan anginkan di tempat persemaian. Jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung karena akan mudah mati untuk perawatan. Kemudian tanamlah biji menggunakan media ditempat persemaian setelah biji sudah kering. Untuk media tumbuh terdiri dari pupuk kandang dan campuran tanah dengan perbandingan 1 : 2. Pastikan kelembapan bibit di persemaian anda jaga dengan baik. Setelah tumbuh setinggi 5 sampai 10 cm pindahkan ke dalam polibag. Untuk polibag memiliki diameter 20 cm. Media persemaian polibag menggunakan campuran tanag dan juga kompos perbandingan 1 : 1, atau pupuk kandang dan tanah perbandingan 1 : 2. Buanglah bibit yang tumbuh tidak normal seperti kerdil.  Bibit batang bawah dari biji akan siap dilakukan perbanyakan vegetatif  setelah berumur 6 sampai 12 bulan.

Sambungan Pucuk

Pastikan anda sudah menyiapkan cabang entris dari pohon indu yang berbuah lebat dan unggul, dan diambil dari cabang yang daun pucuknya mendekati tua bukan yang muda. Setelah batang bawah siap, potong batang bawah pada ketinggian 10 hingga 20 cm. Kemudian belah batang bawah sedalam 3 cm dari permukaan denagn silet atau pisau yang tajam. Potong cabang entris pada dasarnya dan beri sisa 5 – 15 cm dari titik tumbuh di ujung cabang. Sayat dua sisi berhadapan pada cabang entris hingga berbentuk baji atau pahat sepanjang 3 cm. Sisipkan entris pada bijinya ke dalam celah batang bawah sehingga kedua sisi sayatan saling bersinggungan. Kemudian tutup dengan sangkup. Setelah tampak tunas, buka sangkupnya. Jaga kondisi agar tetap lembab agar pertumbuhan normal dari bekas luka tersebut. Untuk mengurangi penguapan, kurangi daun pada batang entris. Letakkan bibit tersebut di tempat terbuka selama satu minggu agar menyesuaikan dengan keadaan lapangan. Tanaman bibit sambungan tersebut di lahan jika mencapai ketinggian 70 sampai 100 cm. Kemudian anda harusmemelihara bibit agar tumbuh dengan baik.

Demikian artikel Budidaya dan Menanam Buah Serikaya :Pembibitan, Cara Perbanyakan, Proses Penanaman, Sambungan Pucuk dari kami dan semoga bermanfaat, lihat juga :