Budidaya dan Ternak Bebek Petelur : Teknik, Pemilihan Bibit, Teknik Pemeliharaan, Kendala, Pemasaran dan Pengolahan

Ideparokie.com - Salah satu lahan bisnis yang cukup populer dan menjanjika adalah Budidaya danTernak Bebek Petelu, Keuntungan dari peternak bebek petelur sangat menggiurkan karena harga telur itik di pasaran sekarang ini sudah jauh di atas harga telur ayam. dan untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak saja penjelasan berikut ini mengenai Budidaya dan Ternak Bebek Petelur : Teknik, Pemilihan Bibit, Teknik Pemeliharaan, Kendala, Pemasaran dan Pengolahan berikut :
Budidaya dan Ternak Bebek Petelur  Teknik, Pemilihan Bibit, Teknik Pemeliharaan, Kendala, Pemasaran dan Pengolahan
Budidaya dan Ternak Bebek Petelur  Teknik, Pemilihan Bibit, Teknik Pemeliharaan, Kendala, Pemasaran dan Pengolahan

Budidaya dan Ternak Bebek Petelur

Sebelum membahas cara budidaya bebek petelur, ada baiknya mengetahui alasan pebisnis memulai bisnis ini. Alasan pertama adalah karena permintaan bebek baik telur bebek atau daging bebek sangat tinggi. Terkait dengan alasan pertama tersebut, bebek tidak hanya bisa diambil telurnya saja tetapi juga dagingnya bahkan kotorannya.

Daging bebek yang cukup lezat membuat masyarakat ketagihan untuk mengkonsumsi daging unggas yang satu ini. Pengolahan telur bebek bisa bermacam-macam termasuk dijadikan telur asin yang juga sangat digemari oleh masyarakat. Tentunya, sebagai pebisnis bebek petelur pemula Anda juga harus memastikan bahwa bebek dan telur Anda berkualitas sehingga banyak peminatnya.

Teknik Budidaya Bebek Petelur

Setelah mengentahui alasan berbisnis bebek petelur, Anda harus mempelajari teknik budidaya bebek jenis ini. Perlu Anda ketahui bahwa pembudidayaan anak bebek usia sekitar 5 minggu sampai 8 minggu, bebek dara sekitar 8 minggu sampai 20 minggu, dan bebek petelur usia sekitar usia 20 minggu ke atas sangatlah berbeda. Nah, untuk mendapatkan bebek petelur yang berkualitas, Anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Pemilihan Bibit Bebek Petelur

Ada 3 jenis bebek petelur yang populer di Indonesia yaitu :

Bebek Tegal
Itik petelur unggul terbaik ini mempunyai ciri-ciri seperti :
  1. Warna bulu kecoklatan hampir seluruh tubuh bercorak totol-totol kecoklatan terlihat jelas pada bagian dada, punggung dan pada sayap luar, warna mata merah.
  2. Pada paruh kaki dominan warna hitam.
  3. Bentuk paruh panjang serta lebar pada ujungnya
  4. Bentuk kepala kecil
  5. Leher langsing, panjang, bentuk bulat
  6. Sayap menempel pada badan dan ujung bulu-bulu saling menutupi di atas ekor
  7. Posisi badan hampir tegak lurus, langsing seperti botol, dengan langkah tegap
Bebek Tegal
Bebek Tegal
Bebek tegal adalah itik petelur yang mempunyai produktifitas telur banyak. Berasal dari daerah tegal jawa tengah. Jenis bebek ini dapat dijadikan salah satu pilihan untuk usaha itik petelur. Produksi telur pertahun rata-rata mencapai 200 – 250 telur dengan berat antara 70 – 75 gram tiap telur.

Bebek Mojosari
Itik mojosari termasuk dalam itik petelur terbaik dengan ciri-ciri :
  1. Warna bulu kemerahan variasi coklat kehitaman, Warna paruh dan kaki hitam
  2. Pada itik jantan terdapat 1-2 bulu ekor melengkung ke atas
  3. Berat badan itik dewasa rata-rata 1,7 kg
Bebek Mojosari
Bebek Mojosari

Itik Mojosari adalah itik petelur yang sering di budidaya oleh para petani karena produksi telurnya banyak. Budidaya itik ini menguntungkan karena mudah dalam pemasaran dengan telurnya besar dengan rasa telur enak. Berasal dari Mojosari, Jawa Timur. Produksi telur pertahun rata-rata 230-250 butir.

Bebek Alabio
Bebek alabio yang satu ini juga termasuk itik petelur unggul terbaik dengan ciri-ciri :
1. Warna Bulu:
    - Jantan  : warna bulu coklat gelap, bulu suri sayap hijau kebiruan.
    - Betina  : warna bulu coklat kuning keabuan, bintik putih diseluruh badan.
2. Warna Paruh dan kaki kuning terang.
3. Posisi badan tidak terlalu tegak dengan sudut kemiringan 60 derajat.
4. Ciri lain itik alabio jantan dan betina ada garis putih diatas mata seperti alis.
Bebek Alabio
Bebek Alabio
Itik Alabio adalah itik persilangan itik Kalimantan dengan Itik Peking. Nama itik alabio ini berasal dari sebuah nama daerah di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan yaitu Albio. Nama itik Alabio sendiri diberi nama oleh ilmuan drh. Saleh Puspo.

Itiik Albio dapat memproduksi pertahun 230 Butir atau 65,5%. Pertama bertelur umur 24 Minggu dengan berat pertama bertelur 1.761 gram. Berat rata-rata telur 62 Gram.

Bebek Alabio salah satu jenis bebek petelur yang banyak di budidaya, Anda boleh mencoba jenis unggas ini untuk di budidaya.

Teknik Pemeliharaan Bebek Petelur

Setelah mengetahui hal-hal di atas, Anda juga perlu belajar teknik beternak bebek petelur yang benar agar hasilnya seperti yang Anda inginkan. Anda bisa memilih untuk memelihara bebek tersebut secara berpindah-pindah (ekstensif), memelihara dengan cara dikandangkan (intensif), atau membuat kandang dan pagar (semi intensif). Perhatikan pula perbandingan jantan dan betinanya. Perbandingan ideal untuk bebek petelur adalah 1:10.

Kendala Beternak Bebek Petelur

Mempelajari cara beternak bebek petelur juga termasuk mempelajari kesehatan bebek tersebut. Bebek petelur sering didera beberapa penyakit seperti berak kapur, cacingan, dan lumpuh. Untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut, Anda harus memperhatikan kebersihan kandang bebek serta pakan tambahan untuk memperkuat metabolisme tubuh bebek tersebut. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan vaksinasi dan makanan alami seperti sayuran segar setiap hari.

Pemasaran dan Pengolahan Bebek Petelur

Dengan melakukan tips di atas, diharapkan Anda bisa memanen bebek petelur dengan maksimal. Setelah panen, Anda bisa meningkatkan penghasilan sebegai peternak bebek petelur dengan mengolah hasilnya. Contonya, Anda bisa mengolah telur bebek menjadi telur asin atau telur pindang. Daging bebek juga bernilai jual tinggi khususnya untuk restaurant atau hotel-hotel. Biasanya, daging bebek diolah menjadi bebek panggang dan menu-menu variatif lainnya.

Jangan buang bulu bebek yang ada di sekitar kandang karena Anda masih bisa memanfaatkannya. Bulu tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan pembuat kerajinan yang juga bernilai jual tinggi. Kumpulkan juga kotoran bebek karena kotoran tersebut bisa dijadikan pupuk kandang.

Demikian artikel tentang Budidaya dan Ternak Bebek Petelur : Teknik, Pemilihan Bibit, Teknik Pemeliharaan, Kendala, Pemasaran dan Pengolahan yang dapat kami bagikan dan mudah mudahan apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat dan jangan lupa baca juga :