Cara Budidaya dan Menanam Buah Pinang : Pemilihan Lahan, Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen

Ideparokie.com - Salah satu buah yang banyak digunakan sebagai obat tradisional baik sebagai kesehatan maupun sebagai kecantikan adalah buah pinang, Wajar saja kalau buah ini banyak dibudidayakan oleh para petani karena memiliki perhitungan bisnis yang cukup menjanjikan, Untuk lebih jelasnya mengenai artikel kami tentang Cara Budidaya dan Menanam Buah Pinang : Pemilihan Lahan, Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen silahkan simak penjelasannya sebagai berikut :
Cara Budidaya dan Menanam Buah Pinang  Pemilihan Lahan, Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen
Cara Budidaya dan Menanam Buah Pinang  Pemilihan Lahan, Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen

Budidaya dan Menanam Buah Pinang

Dakam Budidaya Buah Pinang yang muncul dibenak anda tentu apasih manfaat dari buah pinang. Untuk mengetahui hal tersebut silahkan simak terlebih dahulu manfaat buah pinang berikut ini :

Mengatasi mulut kering

Orang yang menyirih biasanya mulutnya tidak kering hal ini di sebabkan oleh kinerja buah pinang yang membuat kelenjar ludah menjadi keluar terus menerus. Ludah ini akan mencegah orang terserang penyakit seperti disentri dan sindrom sjogren.

Menguatkan gigi dan gusi

Iris beberapa buah pinang kemudian kunyah irisan pinang tersebut hal tersebut dapat menguatkan gigi dan gusi.

Obat cacing

Siapkan seperempat buang pinang, temulawak berukuran setengah jari, kunyit setengah jari,. Semua bahan ini di rebut hingga matan dan kemudian saring airnya dan minum. Kandungan air minuman ini dapat mengatasi penyakit cacingan. Hal ini di gunakan pula oleh peternakan ayam agar ayam-ayam peternak tidak cacingan dan dapat mempertahankan produksi telur karena bebas dengan cacing.

Mengobati kulit yang luka

Cari daging buah oinnang yang masih muda kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan hasil tumbukan ini kepada kulit yang terluka. Lakukan secara bertahap dan continue luka tersebut akan cepat sembuh.

Rabun mata

Kunyah daging pohon pinang da telan airnya hal tersebut dapat mengatasi rabun pada mata.

Mengencangkan Keeewanitaaaan

Buah yang memiliki rasa sepat agak asam ini di sangat baik untuk pemulihan kwani taan setelah proses melahirkan. Cara untuk mengkonsumsinya juga termasuk mudah dengan cara memasak buah pinang kemudian menyaring airnya dan kemudian di minum secara berkelanjutan setelah proses melahirkan.

Meningkatkan vitalitas

Selain mengencangkan vagina pinang ternyata juga dapat meningkat kemampuan atau keperkasaan pria. Selain itu dapat menstimulasi hormon untuk meningkatkan gairah seks karena pinang terdapat sebuah senyawa yang dapat meningkatkan kinerja jantung membuat hal ini mungkin terjadi. Namun harus di cermati menkonsumsi pinang harus di batasi karena berbahaya bagi tubuh jika terlalu berlebihan.

Cara Budidaya dan Menanam Buah Pinang

Cara Budidaya dan Menanam Buah Pinang yang tepat adalah sebagai berikut :

Pemilihan Lahan

Jika anda ingin membudidayakan pohon pinang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyediakan tempat tumbuh yang sesuai. Memilih lahan yang sesuai sangat berpengaruh bagi pertumbuhan pohon pinang secara optimal. Lahan yang paling sesuai bagi pohon pinang adalah lahan dataran rendah, berkisar antara 600 hingga 1000 m di atas permukaan laut. Karena merupakan tanaman tropis, pohon pinang juga membutuhkan iklim dengan curah hujan dan kelembaban yang tinggi. Sediakan tanh dengan tingkat keasaman yang berkisar antara 4 – 8 PH. Usahakan untuk melakukan penyinaran selama 6 – 8 jam perhari agar batang pohon lebih kuat serta tanaman tidak mencuat terlalu tinggi.

Menumbuhkan Kecambah Pohon Pinang

Langkah pertama yang anda harus lakukan setelah memiliki lahan adalah menuai biji – biji pohon pinang tersebut agar menjadi kecambah. Tanamlah biji pinang ke dalam tanah lahan anda sedalam setengah meter dengan jarak yang merapat anatar satu biji dengan lainnya. Siramlah biji tersebut dua kali sehari setiap pagi dan sore hari. Jangan paparkan biji kepada sinar matahri langsung. Buatkanlah pelindung atau semacam payung untuk melindungi pertumbuhan biji pinang tersebut. Jauhkan lahan perkecambahan dari gangguan hama atau gulma dengan memagari lahan tersebut. Proses ini akan terus berlangsung kurang lebih selama 1,5 – 2 bulan.

Proses Pembibitan Pinang

Setelah anda menemukan lahan yang sesuai dengan syarat – syarat tumbuh yang optimal, langkah selanjutnya adalah melakukan proses pembibitan. Ada dua tahap utama dalam proses pembibitan pohon pinang. Tahap pertama adalah menyiapkan polybag berukuran tinggi 15 cm. Berikan lubang pada bagian bawah polybag dan isi dengan tanah hingga 2/3 bagian. Tanam bibit pada polybag tersebut dan tunggu hingga tanaman mencapai umur 5 bulan. Tahap kedua dilakukan dengan memindahkan bibit pinang diatas ke dalam polybag baru yang bervolume 6 kg dan telah diisi tanah subur hingga 2/3 bagian. Jangan lupa untuk menyiram dan member pupuk tipe NPK dengan dosis sekitar 20g per polybag.

Penanaman dan Pemanenan Pinang

Apabila bibit pinang tersebut telah tumbuh sehat, maka sudah saatnya memindahkan polybag tersebut ke lahan anda. Agar penanaman lahan pinang terlihat rapi dan optimal, harus dilakukan upaya pemancangan serta penanaman bambu ajir di sekitar tanaman. Hal ini akan memberikan jarak di tiap – tiap pohon agar mereka tidak saling dempet. Buah pinang akan dapat dipanen setelah mencapai umur 3 tahun. Jangan lupa melakukan pemupukan selama dua kali setahun agar pohon tetap mengahsilkan buah. Apabila tumbuh dengan benar, satu pohon pinang mampu menghasilkan panen sekitar 20 kg setiap bulannya. Pohon pinang tersebut apabila dirawat dengan baik akan mampu bertahan hingga 150 tahun.

Demikian Cara Budidaya dan Menanam Buah Pinang : Pemilihan Lahan, Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen dari kami dan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam upaya peningkatan mutu buah pinang, lihat juga :