Cara Budidaya dan Ternak Kutilang Menyalurkan Hobi menjadi Usaha yang Menguntungkan

Ideparokie.com - Tak dapat  dipungkiri jika pecinta burung di Indonesia memang bayak sekali, Hobi terhadap burung ini bisa sebenarnya dikembangkan menjadi sebuah usaha, artinya sekali mendayung dua pulau terlampaui, artinya kita menyukai sesuatu, maka jadikanlah itu sebagai usaha yang bisa memberikan keuntungan besar, salah satu diantaranya adalaha Cara Budidaya dan Ternak Kutilang Menyalurkan Hobi menjadi Usaha yang Menguntungkan.
Cara Budidaya dan Ternak Kutilang Menyalurkan Hobi menjadi Usaha yang Menguntungkan
Cara Budidaya dan Ternak Kutilang Menyalurkan Hobi menjadi Usaha yang Menguntungkan

Budidaya dan Ternak Kutilang

Untuk para pecinta burung tentu anda mengenal betul burung kutilang yang satu ini. Burng Kutilang yang sebenarnya dulu banyak terdapat di alam liar, tetapi karena banyak diburu dan ditangkap orang akhinya burung ini semakin berkurang, oleh sebab itu harga Burng Kutilang dipasaran burng semakin tinggi, apalagi kalau Burung Kutilang ini sudah jinak. Nah, Jika anda berminat Budidaya dan Ternak Burung Kutilang silahkan imuti panduan Cara Budidaya dan Ternak Kutilang Menyalurkan Hobi menjadi Usaha berikut ini :

Mengenal Karakteristik Burung Kutilang

Burung Kutilang atau Kutilang adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cangkurileung, orang Jawa menamainya ketilang atau genthilang, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul, sementara nama ilmiahnya adalah Pycnonotus aurigaster; mengacu pada bulu-bulu di sekitar pantatnya yang berwarna jingga. Burung yang berukuran sedang, panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 20 cm. 

Sisi atas tubuh (punggung, ekor) berwarna coklat kelabu, sisi bawah (tenggorokan, leher, dada dan perut) putih keabu-abuan. Bagian atas kepala, mulai dari dahi, topi dan jambul, berwarna hitam. Tungging (di muka ekor) nampak jelas berwarna putih, serta penutup pantat berwarna jingga. Iris mata berwarna merah, paruh dan kaki hitam.

Burung kutilang kerap mengunjungi tempat-tempat terbuka, tepi jalan, kebun, pekarangan, semak Belukar dan hutan sekunder, sampai dengan ketinggian sekitar 1.600 m dpl. Sering pula ditemukan hidup meliar di taman dan halaman-halaman rumah di perkotaan. Burung kutilang acapkali berkelompok, baik ketika mencari makanan maupun bertengger, dengan jenisnya sendiri maupun dengan jenis merbah yang lain, atau bahkan dengan jenis burung yang lain. 

Burung kutilang dapat dijadikan Hewan Peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Jika dipelihara dengan baik terlebih dari anakan, burung kutilang akan sangat jinak seperti kucing peliharaan yang manja. Burung kutilang tergolong binatang yang setia kepada tuannya apabila sering diperhatikan Jika sudah jinak burung kutilang ketika dilepas maka dia akan kembali lagi ke sarangnya jika dipanggil tuannya. Tentu saja ketika dilepas haruslah diawasi karena besar kemungkinan kucing akan memangsanya. 

Burung kutilang seharusnya dapat dijadikan burung lomba untuk burung berkicau. Tembakan-tembakan suara yang dihasilkan cukuplah keras dan memiliki variasi suara yang bagus jika dimaster dengan benar. Burung kutilang tergolong burung yang pandai. Dia bisa dimaster berbagai macam suara baik burung lain atau suara-suara lainnya termasuk suara siulan orang.

Keunggulan Burung Kutilang jika diajarkan setiap hari dalam hitungan minggu burung kutilang akan dapat meniru suara tersebut. 

Pemilihan Indukan

Dalam peroses pemilihan indukan yang bagus tentu harus memenuhi berbagai kriteria seperti Indukan Kutilang harus sehat, memiliki warna bulu yang cerah, dan yang paling penting berumur diatas 8 bulan dan dibawah 3 tahun.

Dalam hal perjodohan jantan betina kita harus terlebih dahulu mengenal ciri ciri Burng Kutilang jantang dan betina sebagai berikut :

Ciri burung kutilang jantan :
  • Mempunyai bentuk kepala yang agak besar
  • Jambulnya tegak terus saat bersuara,juga lebih panjang
  • Postur tubuh agak besar sedikit dibandingkan yang betina
  • Pada bagian bawah ekor mempunyai warna bulu orange terang
  • Suaranya variatif tidak monoton juga tidak puputus-putus

Ciri burung kutilang betina :
Mempunyai bentuk kepala yang agak kecil sedikit
  • Jambulnya jarang tegak juga pendek
  • Postur tubuhnya lebih kecil
  • Pada bagian bawah ekornya mempunyai warna bulu kuning pudar
  • Suaranya cenderung monoton juga tidak keras
  • Sering putus-putus saat bersuara

Keriteria Kandang Burung Kutilang

Dalam proses pembuatang kandang atau penangkarang Burung Kutilang untuk diternakka semaksimal mungkin kita harus membuat kandang yang hampir menyerupai alam tempat habitat burung kutilang. Persaratan kandang kutilan adalah memiliki bak air tempat ini tempat mandi atau membersikna bulinya, dasar kandang harus menyentuh tanah, atau bisa juga dengan pasir, kemudian yang terakhir suhu dilingkungan nya tidak terlalu panas kalau siang dan juga terlalu dingin kalau malam hari.
Cara Budidaya dan Ternak Kutilang Menyalurkan Hobi menjadi Usaha yang Menguntungkan
Cara Budidaya dan Ternak Kutilang Menyalurkan Hobi menjadi Usaha yang Menguntungkan

Pemberian Pakan Burung Kutilang

Seperti umumnya, makanan burung kutilang terutama adalah buah-buahan yang lunak. seperti pisan dan pepaya Burung kutilang sering menjengkelkan petani karena kerap melubangi buah pepaya dan pisang yang telah masak di kebun. tetapi burung kutilang juga memangsa berbagai jenis serangga, ulat dan aneka hewan kecil lainnya yang menjadi hama tanaman. 

Namun untuk Budidaya dan Ternak Kutilang dapat juga kita kasi pakan burng karena burng kutilang sangat menyukai bibit atau pakan burung, bahkan kita bisa kasi butiran ( pakan ayam potong ), sambilkita selingi dengan makana buah buahan.

Pemberian obat obatan juga perlu dilakukan untuk pencegahan penyakit, juga bisa dikasi vitamin burung untuk menambah stamina dan daya tahan terhadap penyakit.

Perawatan Burung Kutilang

Perawatan burung ini terbilang cukup mudah karena burung ini dikenal sebagai burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga seliar apapun burung ini jika sudah lama dirawat maka akan menjadi jinak. hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang dan tempat makana dan minumanya

Cara Budidaya dan Ternak Kutilang memang tergolong mudah dan gampang dan perkembang biakannya pun cepat sehingga dapat memberikan keuntungan usaha yang luar biasa.

Demikian Cara Budidaya dan Ternak Kutilang Menyalurkan Hobi menjadi Usaha yang Menguntungkan yang sembap kami tulis pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini dapat membantu anda menciptakan peluang bisnis Beternak Kutilan. dan lihat pula :