Cara Budidaya dan Ternak Lele di Kolam Tanah : Penebaran Benih, Sortir, Pakan dan Sumber Air

Ideparokie.com - Bididaya ikan lele sekarang ini memang sudah sangat populer, hal ini disebabkan oleh permintaan konsumen yang makin meningkat baik untuk memenuhi kuota infor ikan lele di berbagai negara tetangga maupun untuk kebutuhan dalam negeri.

Budidaya dan Ternak Lele di Kolam Tanah

Budidaya dan Cara Ternak Lele di Kolam Tanah memang agak berbeda dengan kolam beton atau kolam terpal karena pemeliharan ini masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. dan unruk lebih jelasnnya kita ikuti saja panduan Cara Budidaya dan Ternak Lele di Kolam Tanan : Benih, Sortir, Pakan dan Sumber Air berikut ini :
Cara Budidaya dan Ternak Lele di Kolam Tanan  Penebaran Benih, Sortir, Pakan dan Sumber Air
Cara Budidaya dan Ternak Lele di Kolam Tanan  Penebaran Benih, Sortir, Pakan dan Sumber Air
Setelah Memilih Bibit Unggul dan Berkualitas sudah kita lakukan dan juga Persiapan Kolam Yang Benar dan Tepat sudah juga siap. maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

PENEBARAN BENIH

Seperti biasa pilih benih yang unggul dan berkualitas serta sehat, lakukan aklimatisasi (upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi ke lingkungan baru yang akan dimasukinya) dengan memasukkan benih beserta kantong plastiknya sekitar 30 menit  1 jam. Setelah itu benih bisa ditebar. Padat tebar : air statis : 200 ekor/m2 jika ada aliran air (kecil) kepadatan dapat ditambah hingga 300400 ekor/m2, Ketinggian air ditambah seiring dengan pertumbuhan lele sampai mencapai 11,5m

PEMAKAIAN JARING & SORTIR

Pemakaian jaring kotak ukuran kecil di sisi kolam tanah disarankan untuk penebaran benih. Ini untuk memudahkan pemberian pakan dan proses sortasi. Jika lele sudah cukup kuat dan daya jelajahnya sudah jauh, jaring dapat diangkat dan benih ditebar di kolam. Proses sortir tidak perlu dilakukan lagi di kolam tanah apalagi kolamnya luas (susah dan makan tenaga/waktu).

PAKAN

Pakan : beri pakan yang berkualitas 34 kali sehari untuk benih sampai sangkal. 2 x sehari untuk lele remaja – panen (pagi dan sore/petang) 3% secara bertahap turun ke 2,5% dari bobot massa lele. Pemberian pakan 80% dari daya kenyang lele. Hindari overfeeding atau pakan alternatif yang dapat merusak kualitas air.

KOLAM AIR STATIS

Untuk kolam statis, termasuk yang sumber airnya dari air buangan rumah tangga, bila kolam mulai berbau buang air dasar kolam 2030% dan tambahkan air baru. Bisa menggunakan pompa air.
Sistem RWS (Red Water System) dapat juga diterapkan.

SUMBER AIR

Jika sumber air dari sungai kecil/saluran irigasi, metode penggantian air secara berkala dapat diterapkan dengan cara dialiri air, makin sering pergantian air makin bagus asalkan air dari sungai terbebas dari pencemaran, Jika kolam tanah yang mempunyai sumber mata air sendiri atau di rawa/situ yang biasanya posisinya rendah dimana kita tidak bisa memanfaatkan gaya gravitasi, maka pengeringan dll diatas tentu tidak bisa dilakukan. Pemakaian jaring kecil untuk benih dan jaring lebar untuk pembesaran bisa dilakukan.

Itulah Budidaya dan Cara Ternak Lele di Kolam Tanah semoga dengan ini dapat membantu anda dalam pemeliharaan dan Cara Ternak Lele di Kolam Tanah sehingga peningkatan hasil panen ikan lele dapat di tingkatkan, semoga sukses. dan baca juga :